PERATURAN
BADAN STANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN
NOMOR: 013/P/BSNP/XII/2011
TENTANG
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
UNTUK SATUAN PENDIDIKAN
DASAR DAN MENENGAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG
MAHA ESA
BADAN STANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN
Menimbang: bahwa dalam
rangka penyelenggaraan Ujian Nasional, perlu
menetapkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan
tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan
Pendidikan
Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2011/2012;
Mengingat :
1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Lembaran Negara
Tahun 2003 Nomor 78,
Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);
2. Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan
(Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor
41, Tambahan
Lembaran Negara Nomor 4496);
3. Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 59
Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan
Peserta Didik dari
Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan
Ujian
Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional.
MEMUTUSKAN
Menetapkan : PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL TENTANG KISI-
KISI
SOAL UJIAN NASIONAL UNTUK SATUAN PENDIDIKAN
DASAR
DAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Pasal 1
Kisi-kisi soal Ujian
Nasional Tahun Pelajaran Tahun 2011/2012 disusun
berdasarkan Standar
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang
tercantum pada Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pasal 2
Kisi-kisi soal Ujian
Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 digunakan sebagai
acuan dalam penyusunan
soal Ujian Nasional pada Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah Tahun Pelajaran
2011/2012.
Pasal 3
Kisi-kisi soal Ujian
Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah
tercantum dalam lampiran dan merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari
Peraturan BSNP ini.
Pasal 4
Hal-hal yang belum diatur
dalam peraturan BSNP ini akan diatur lebih lanjut dalam
keputusan BSNP.
Pasal 5
Peraturan BSNP ini mulai
berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 14 Desember
2011
Ketua
Badan Standar Nasional
Pendidikan
Prof. Dr. Ir. M. A.
Wirakartakusumah, M.Sc.
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami
berbagai
teks nonsastra (biografi,
artikel,
berita, iklan,
tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah),
berbagai karya
sastra (puisi, antologi
puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita
anak,
buku cerita anak, novel
remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan
drama).
|
Mengidentifikasi isi dan
bagian suatu teks.
|
Menentukan persamaan isi berita. | ||
Menentukan perbedaan penyajian berita. | ||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan. | ||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. | ||
Menyimpulkan isi paragraf. | ||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita | ||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. | ||
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama. | ||
2.
|
Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan
efektif
dalam bentuk buku harian,
surat
pribadi, surat dinas, narasi
dan pesan
singkat, laporan,
pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks
berita,
slogan/ poster, iklan,
resensi dan
karangan, surat pdmbaca,
teks pidato,
dan karya ilmiah; menulis
teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun,
dongeng,
cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman
pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks. | ||
Menulis laporan/pengumuman/resensi. | ||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. | ||
Menulis rangkuman. | ||
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan | ||
Menulis iklan sesuai konteks. | ||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. | ||
Menulis teks pidato. | ||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya | ||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata. | ||
Melengkapi pantun. | ||
Melengkapi puisi. | ||
Melengkapi naskah drama. |
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tertulis pendek baik teks
fungsional
maupun esai sederhana
berbentuk
deskriptif (descriptive,
procedure,
maupun report) dan
naratif (narrative
dan recount) dalam
konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran
umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan
kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif
dalam teks fungsional
pendek berbentuk caution/notice/warning,
greeting
card, letter/e-mail,
short message, advertisement,
announcement, invitation.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama | ||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama | ||
2.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara
tertulis
teks fungsional pendek dan esai
sederhana berbentuk
deskriptif
(descriptive, procedure,
maupun
report) dan naratif (narrative
dan
recount) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi teks
rumpang bentuk recount/narrative
sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks | ||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat | ||
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk |
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi
hitung
dan sifat-sifat bilangan,
perbandingan,
bilangan berpangkat,
aritmetika
sosial, barisan bilangan,
serta
penggunaannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
operasi tambah, kurang,
kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
2.
|
Memahami operasi bentuk
aljabar,
konsep persamaan linier,
persamaan
garis, himpunan, relasi,
fungsi, sistem
persamaan linier, serta
penggunaannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menentukan pemfaktoran
bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
3.
|
Memahami bangun datar,
bangun
ruang, sudut, serta
menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan |
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
|
||
4.
|
Memahami konsep dalam
statistika,
serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan
atau
menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah
sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | ||
5.
|
Memahami konsep peluang
suatu
kejadian serta menerapkannya
dalam
pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
|
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar
secara
teliti dengan menggunakan
alat ukur
yang sesuai dan sering
digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok,
besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan
alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep zat dan
kalor
serta kegunaannya dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya
atau penerapan konsep massa
jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat | ||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan | ||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya,
usaha, dan
energi) serta penerapan
konsep
tekanan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus
atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi | ||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam | ||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan | ||
4.
|
Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran,
gelombang,
bunyi, dan optik dalam
produk
teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis
pada getaran atau
gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam | ||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang | ||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan
dan
kemagnetan serta
penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik
statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam | ||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam | ||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- | ||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau | ||
6.
|
Memahami sistem tata surya
dan
proses yang terjadi
didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena alam
yang terjadi akibat
perubahan suhu atau
peredaran bumi-bulan terhadap
matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom,
ion
dan molekul dihubungkan
dengan
produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi atom, ion,
unsur, atau molekul
sederhana serta
penggunaannya pada produk kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi
zat, sifat-
sifat, dan perubahannya.
|
Menjelaskan sifat-sifat
fisika dan atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia | ||
9.
|
Mendeskripsikan bahan kimia
dalam
kehidupan sehari-hari serta
pengaruhnya pada tubuh
manusia dan
lingkungan.
|
Menjelaskan bahan kimia dan
dampak ndgatifnya
bagi tubuh manusia dan
lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta | ||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri
dan
keanekaragaman makhluk
hidup, serta
pentingnya pelestarian
makhluk hidup
dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri- | ||
11.
|
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi
antarmakhluk
hidup dalam lingkungan,
serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar
makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi | ||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi | ||
12.
|
Menjelaskan sistem organ
pada
manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran
darah pada
manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim | ||
Menjelaskan sistem pernapasan pada | ||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit | ||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada | ||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia. | ||
13.
|
Menjelaskan sistem organ
dalam
kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan
fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh | ||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan- | ||
14.
|
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan
perkembangan,
kelangsungan hidup dan
pewarisan
sifat pada organisme serta
kaitannya
dengan lingkungan, teknologi
dan
masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan dan
perkembangan pada
makhluk hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi | ||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan | ||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar