Rabu, 07 Maret 2012

KISI-KISI UN SMP 2012


PERATURAN
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

NOMOR: 013/P/BSNP/XII/2011

TENTANG

KISI-KISI UJIAN NASIONAL
UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Menimbang: bahwa dalam rangka penyelenggaraan Ujian Nasional, perlu
menetapkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan
tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2011/2012;

Mengingat : 1.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
  tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara
  Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);
                   2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
  Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor
  41, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496);
                   3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
  Indonesia Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan
  Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan
  Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL TENTANG KISI-
                       KISI SOAL UJIAN NASIONAL UNTUK SATUAN PENDIDIKAN
                       DASAR DAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Pasal 1

Kisi-kisi soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran Tahun 2011/2012 disusun
berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang
tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.





Pasal 2

Kisi-kisi soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 digunakan sebagai
acuan dalam penyusunan soal Ujian Nasional pada Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah Tahun Pelajaran 2011/2012.

Pasal 3

Kisi-kisi soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah tercantum dalam lampiran dan merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari Peraturan BSNP ini.


Pasal 4

Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan BSNP ini akan diatur lebih lanjut dalam
keputusan BSNP.

Pasal 5

Peraturan BSNP ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 14 Desember 2011

Ketua
Badan Standar Nasional Pendidikan




Prof. Dr. Ir. M. A. Wirakartakusumah, M.Sc.



KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca dan memahami berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya
sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
2.
Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk buku harian, surat
pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan
karangan, surat pdmbaca, teks pidato,
dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Menulis rangkuman.
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan
Menulis iklan sesuai konteks.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Menulis teks pidato.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi pantun.
Melengkapi puisi.
Melengkapi naskah drama.



2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tertulis pendek baik teks fungsional
maupun esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional
pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting
card, letter/e-mail, short message, advertisement,
announcement, invitation.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
2.
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis
teks fungsional pendek dan esai
sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure, maupun
report) dan naratif (narrative dan
recount) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk


3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta
penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
2.
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
3.
Memahami bangun datar, bangun
ruang, sudut, serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan




Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
4.
Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
5.
Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
3.
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
4.
Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
5.
Memahami konsep kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
6.
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat
perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap
matahari.
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari.
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul
sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
dalam kehidupan sehari-hari.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
8.
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-
sifat, dan perubahannya.
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia
9.
Mendeskripsikan bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari serta
pengaruhnya pada tubuh manusia dan
lingkungan.
Menjelaskan bahan kimia dan dampak ndgatifnya
bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta
10.
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup
dalam kehidupan.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-
11.
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
12.
Menjelaskan sistem organ pada
manusia.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim
Menjelaskan sistem pernapasan pada
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
13.
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan.
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-
14.
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI SMPN I SELOPURO - KAB. BLITAR - INDONESIA